Surat Keluhan merupakan surat yang ditujukan kepada perusahaan/institusi berisi keluhan pelanggan terhadap produk/layanan dari perusahaan/institusi yang menawarkan layanan baik berupa barang/jasa. Kesalahan yang terjadi sanggup dikarenakan kesalahan insan menyerupai kurangnya pengawasan dalam pengepakan barang, kelambanan pengiriman, kerusakan peti kemas dan lain sebagainya. Bisa juga dikarenakan faktor alam menyerupai tragedi alam.
Jenis Pengaduan yang paling sering dikeluhkan ialah sebagai berikut:
- Nama/jenis barang yang dikirimkan tidak sama dengan yang dipesan
- Barang yang dikirimkan rusak sehingga harus diganti atau diberi belahan harga
- Kualitas barang yang dikirimkan tidak sama dengan yang diperlihatkan dalam sampel atau teladan barang.
- keterlambatan dalam pengiriman barang yang dipesan, karenanya pemesan meminta pemotongan harga.
- Jumlah barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan yang dipesan, sehingga perlu dikurangi atau ditambah.
Jika pemesan tidak puas dengan barang yang dipesannya, beliau akan mengajukan tuntutan atau pengaduan. Hal ini tergantung pada alasan yang dikemukakan pihak pembeli/pemesan. Dalam dunia bisnis menciptakan surat pengaduan harus disusun secara cermat sebab dalam tuntunan tersebut tercakup kerugian yang dialami pihak pemesan yang harus diganti oleh pihak pemasok atau penjual.
0 komentar:
Posting Komentar