Otomatisasi kantor yakni penggunaan alat elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan antara komunikasi informal dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitasnya.
Waluyo menjelaskan bahwa masa otomatisasi perkantoran dimulai bersamaan dengan berkembangnya teknologi informasi, penggunaan perangkat komputer untuk keperluan perkantoran.
Sistem otomatisai kantor didefenisiskan sebagai sistem gosip berbasis teknologi komunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusika pesan, dokumen dan komunikasi elektronik lainnya antar individu, kelompok kerja dan organisasi.
Otomatisasi kantor terdiri atas semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi gosip kepada dan dari orang yang berada di dalam maupun di luar perusahaan. Orang yang berada dalam satu kantor sanggup memakai otomatisasi kantor untuk berkomunikasi dengan orang yang berada dalam kantor perusahaan lain. Berikut konsep dari otomatisasi kantor:
- Proses yang terjadi di perkantoran ibarat halnya proses manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
- Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah tanpa planning menuju aplikasi yang terencanan dan terpadu.
- Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
- Otomatisasi kantor menawarkan laba lebih besar melalui pengambilan keputusan yang lebih baik
- Otomatisasi kantor sebagai pemanis bagi metode komunikasi tradisional bukan sebagai pengganti.
Manfaat Otomatisasi Perkantoran
- Menyelesaikan pekerjaan kantor dengan lebih cepat
- Mengurangi kebutuhan akan staf dalam jumlah besar
- Memerlukan sedikit daerah menyimpan data
- Beberapa orang sanggup memperbarui data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal
Tujuan Otomatisasi Perkantoran
- Penggabungan penerapan tekonologi
- memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
- Meningkatkan produktifitas dan efektivitas pekerjaan
- Otomatisasi kantor menawarkan kemampuan antar manajer untuk saling melaksanakan komunikasi dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
- Peningkatan komunikasi sanggup menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
- Pendapatan yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih murah
- Komputer menunda penambahan tenaga pegawai jawaban beban pekerjaan yang meningkat sebab kemampuan komputer yang fleksibel
- Pemecahan problem kolompok atau tim
- Cara otomatisasi kantor berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah.
- Dapat dipakai sebagai pemanis bukan pengganti
- Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, otomatisasi kantor bukan tanpa keterbatasan, tetapi otomatisasi kantor tidak akan sanggup menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional ibarat percakapan tatap muka, percakapan telefon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya.
0 komentar:
Posting Komentar