Berbagai bentuk komunikasi banyak kita jumpai di lingkungan sekitar, dan bahkan terkadang kita juga melaksanakan komunikasi tersebut. Terkadang komunikasi yang kita lakukan bersifat pribadi antar personal, sering juga kita melaksanakan komunikasi antar kelompok, antar kelas, antar institusi, ataupun komunikasi kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk-bentuk komunikasi yang akan dibahas meliputi: komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa. Berikut bahasannya secara lebih lanjut.
1. Komunikasi Intrapersonal
Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi intrapribadi yang artinya komunikasi yang dilakukan kepada diri sendiri. Proses komunikasi ini terjadi dimulai dari aktivitas mendapatkan pesan/informasi, mengolah dan menyimpan, juga menghasilkan kembali.
Contoh aktivitas yang dilakukan pada komunikasi interpersonal yaitu berdoa, bersyukur, tafakkur, berimajinasi secara kreatif dan lain sebagainya.
2. Komunikasi Interpersonal
Komunikasi interpersonal yaitu komunikasi antarpribadi. Komunikasi ini juga sanggup diartikan sebagai proses pertukaran makna dari orang yang saling berkomunikasi antara satu individu dengan individu lainnya. Suatu komunikasi interpersonal sanggup terjadi apabila memenuhi kriteria berikut:
- Melibatkan sikap lisan dan nonverbal
- Adanya umpan balik pribadi
- Terjadi hubungan/interaksi yang berkesinambungan
- Bersifat saling persuasif
3. Komunikasi Kelompok
Komunikasi kelompok sanggup diartikan sebagai tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud dan tujuan yang dikehendaki. Seperti menyebarkan informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah. Komunikasi kelompok merupakan komunikasi yang dillakkan oleh beberapa orang lain atau sekelompok orang.
Contoh komunikasi kelompok antara lain kuliah, rapat, briefing, seminar, workshop dan lain-lain. Dalam komunikasi kelompok, setiap individu yang terlibat dalam kelompok masing-masing berkomunikasi sesuai dengan tugas dan kedudukannya dalam kelompok tersebut. Pesan atau warta yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok dan bukan bersifat pribadi.
4. Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi yaitu komunikasi antarmanusia yang terjadi dalam korelasi organisasi. Komunikasi organisasi merupakan proses komunikasi yang berlangsung secara formal maupun nonformal dalam sebuah sistem yang disebut organisasi.
Komunikasi organisasi sering dijadikan sebagai objek studi sendiri alasannya luasnya ruang lingkup komunikasi tersebut. Pada umumnya komunikasi organisasi membahas perihal struktur dan fungsi organisasi, korelasi antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian, serta budaya organisasi.
5. Komunikasi Massa
Komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang memakai kanal (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh, sangat heterogen, dan menimbulkan pengaruh tertentu. Jadi, Komunikasi massa sebagai pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
Ciri-ciri komunikasi massa yaitu sebagai berikut:
- Komunikator biasanya suatu forum media massa
- Hubungan antara komunikator dan pemirsa bukan bersifat pribadi
- Menggunakan media massa
- Mediumnya sanggup dipakai oleh orang banyak
- Komunikan yaitu massa, yang bersifat heterogen
- Penyebaran pesan serentak pada dikala yang bersamaan
- Umpan balik bersifat tidak langsung
- Pesan yang disebarkan cendrung tidak pribadi kuat terhadap massa
Dari ciri-ciri tersebut komunikasi massa sanggup diartikan sebagai komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah besar khalayak yang tersebar, heterogen, melalui media cetak atau elektronik sehingga pesan yang sama sanggup diterima secara serentak dan sesaat.
Sedangkan komunikasi yang dilakukan melalui penggunaan media lain selain media massa disebut komunikasi medio. Komunikasi medio biasanya memakai media surat, telepon, pamflet, poster, brosur, spanduk, dan sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar