ilustrasi laporan |
Laporan yakni suatu keterangan tertulis yang disampaikan seorang sekretaris kepada atasannya atau suatu panitia/tim kepada yang membentuknya sebagai jawaban dari pelaksanaan suatu kegiatan.
Menurut wikipedia Laporan yakni suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara ekspresi maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada antara mereka. Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.
Terdapat beberapa pengertian laporan berdasarkan para ahli, yakni sebagai berikut:
Menurut Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo
Laporan yakni setiap goresan pena yang berisikan hasil pengolahan data dan informasi.
Menurut J.C. Denyern
Laporan yakni suatu alat komunikasi kawasan penulis menciptakan beberapa kesimpulan atau keadaan yang telah diselidiki.
Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa laporan yakni suatu materi informasi yang diperoleh dari hasil proses pengolahan data sebagai hasil dari suatu penelitian atau riset terhadap suatu dilema yang biasa.
Fungsi Laporan
- alat untuk memberikan informasi
- alat pertanggungjawaban kepada pemberi tugas
- bahan penentu kebijakan
- alat untuk membina kerja sama
- alat untuk memperluas ide/tukar menukar pengalaman
- Laporan informatif, yaitu laporan sebagaimana adanya atau sesuai dengan kenyataan
- Laporan analisis, yaitu laporan yang berupa santunan pikiran, pendapat dan saran yang isinya matang dan mendalam
- Laporan rekomendasi, yaitu laporan yang berisi evaluasi sekilas tanpa analisis mendalam
- Laporan pertanggungjawaban, yaitu laporan yang berupa pertanggungjawaban yang sanggup dikerjakan dengan berpedoman pada 2 hal:
- apabila proyeknya sudah selesai
- kalau pekerjaan bertahap/laporan kemajuan - Laporan kelayakan, yaitu laporan yang bertujuan untuk memilih mana yang terbaik sesudah menganalisa suatu dilema secara mendalam untuk menuju evaluasi yang bersifat pilihan layak atau tidak.
- Laporan berbentuk memo, yaitu laporan yang biasa dipakai untuk keperluan intern organisasi/kantor dan hanya memuat pokok-pokoknya saja (isi laporan)
- Laporan berbentuk surat, yaitu laporan yang dibentuk dalam bentuk surat biasa, isinya kira-kira satu hingga tiga, paling banyak 5 halaman
- Laporan berbentuk naskah, yaitu laporan bentuk naskah sanggup pendek atau panjang, penyampaiannya memerlukan memo atau surat pengantar.
- Laporan biasa
- Laporan penting
- Laporan lisan
- Laporan tulisan
- Laporan visual
- Laporan rutin
- Laporan berkala
- Judul
- Daftar Isi
- Kata Pengantar
- Ringkasan
- Isi Laporan
- Penutup
- Lampiran
0 komentar:
Posting Komentar