Sistem gosip administrasi (SIM) mulai berkembang semenjak tahun 1960-an. Secara umum SIM didefenisikan sebagai sistem yang menyediakan gosip untuk mendukung operasi administrasi (perusahaan), serta mengambil keputusan sebuah organisasi.
Sistem gosip administrasi juga dikenal dengan sistem informasi, sistem pemrosesan informasi, sistem gosip dan pengambilan keputusan. Dikatakan menggunakan prinsip sistem lantaran gosip yang tersebar dalam aneka macam bentuk dikumpulkan, disimpan serta diolah dan diproses oleh satu tubuh yang lalu dirumuskan menjadi informasi.
Berikut ini pengertian sistem gosip berdasarkan beberapa ahli:
- O'Brien, menyatakan bahwa sistem gosip administrasi yakni suatu sistem terpadu yang menyediakan gosip untuk mendukung aktivitas operasional, administrasi dan fungsi pengambilan suatu organisasi.
- Barry E. Cushing, menyatakan sistem gosip sebagai kumpulan dari insan dan sumber daya modal di dalam suatu organisasi yang bertanggungjawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menghasilkan gosip yang mempunyai kegunaan untuk semua tingkatan administrasi di dalam aktivitas perencanaan dan pengendalian.
- Frederick H. Wu, menyatakan sistem gosip yakni kumpulan-kumpulan sistem-sistem yang menyediakan gosip untuk mendukung manajemen.
- Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, sistem gosip sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan aktivitas seni administrasi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
- George M. Scott, sistem gosip yakni sistem yang diciptakan oleh para analisis dan manajer guna melakukan kiprah khusus tertentu yang sangat esensial bagi berfungsinya organisasi.
- Henry Lucas, sistem gosip yakni suatu aktivitas dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, bilamana dilaksanakan akan menyediakan gosip untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.
- Meningkatkan Efesiensi operasional
- Memperkenalkan penemuan dalam bisnis
- Membangun sumber-sumber gosip strategis
- Mendukung pengambilan keputusan manajerial
- Akurat
- Tepat Waktu
- Relevan
- Lengkap dan memadai
- Up to Date
- Dapat diandalkan
- Dapat dimengerti
- Dapat dibandingkan
0 komentar:
Posting Komentar