Menulis surat dengan tujuan menjual suatu produk atau jasa merupakan suatu tantangan tersendiri, untuk melakukannya dengan baik, diharapkan imajinasi yang tajam, konsep komunikasi tertulis dan kemampuan dalam membuat minat beli konsumen melalui bahasa tulisan.
Penulis surat harus memproyeksikan dirinya sebagai pembaca mengenai harapan, kebutuhan dan minat mereka. Itulah sebabnya mereka harus cepat tanggap, memahami serta mencicipi kebutuhan pembacanya. Bila hal tersebut telah dilakukan, penulis surat masih dituntut mengenali kebutuhan barus serta alasan penggunaan barang-barang tersebut. Selanjutnya penulis surat harus piawai dalam menentukan kata-kata yang bisa mengatakan citra secara terperinci dan terang mengenai produk tersebut kepada pembacanya.
Menulis surat penjualan harus mengetahui produk yang ditawarkannya secara keseluruhan jikalau ingin mencapai sukse. Harus mengetahui cara pembuatan barang tersebut, terdiri dari komponen apa saja, juga asal muasal materi baku produknya. Pengetahuan produk secara lengkap tidak hanya membuat cendekia dalam mengutarakan wacana produk atau jasa, tetapi juga memperoleh dua faktor penting dalam seni menjual yakni:
- Jujur dan yakin terhadap produknya
- Mampu untuk mengantisipasi hampir setiap duduk kasus yang mungkin diajukan pembeli
Surat penawaran akan efektif jikalau memperhatikan konsep IDPA, konsep ini mencakup Interest (minat), Description (uraian), Proof (bukti), dan Action (tindakan). Konsep tersebut sanggup dipakai untuk membuat sepucuk surat yang akan sempurna sasaran.
Sebelumnya Tata Cara Penulisan Surat Lamaran Kerja yang Baik
0 komentar:
Posting Komentar