Berikut ini kelebihan dan kekurangan tata ruang kantor pada suatu perusahaan.
1. Tata Ruang Kantor Berkamar (Cubical Type Office)
Tata ruang berkamar ialah tata ruang untuk bekerja yang dipisahkan memakai sekat/kamar-kamar. Sekat tersebut sanggup terbuat dari kayu maupun tembok atau benda keras lainnya. Tata ruang berkamar juga sering disebut tata ruang tertutup. Keuntungan tata ruang bersekat atau berkamar ini antara lain ialah sebagai berikut:
- Rahasia pekerjaan lebih terjamin, baik dari segi pembuatan dokumen, pembicaraan maupun aset lainnya yang disimpan seorang pegawai.
- Pekerja menjadi lebih konsentrasi.
- Meningkatkan kewibawaan pekerja lantaran bekerja di dalam suatu ruangan tersendiri.
- Terasa lebih menghargai tamu.
- Komunikasi antar pegawai menjadi terhambat lantaran ada sekat pemisah antara satu pegawai dengan pegawai lainnya.
- Biaya yang dikeluarkan untuk menciptakan tata ruang berkamar lebih besar ketimbang menciptakan tata ruang kantor terbuka, lantaran perlu menciptakan sekat-sekat kamar setiap ruangannya.
- Membutuhkan ruangan kantor yang lebih luas.
- Penggunaan ruangan kurang fleksibel.
- Fleksibel dalam penggunaan seluruh ruangan serta tidak memerlukan biaya tinggi.
- Mudah melaksanakan komunikasi antar pegawai.
- Pemeliharaan peralatan, pemeliharaan kebersihaan ruangan, penggunaan peralatan, menjadi lebih mudah, hal ini akan menghemat biaya perusahaan.
- Menghemat penggunaan cahaya penerangan.
- Biaya instalasi pertama lebih murah dibanding tata ruang berkamar.
- Kegaduhan sering muncul disebabkan komunikasi yang sangat lancar dan intens.
- Konsentrasi pegawai terkadang buyar melihat banyak orang hilir mudik.
- Sulit merahasiakan pekerjaan penting dan bersifat rahasia.
- Pemandangan kurang baik lantaran tumpukan dokumen para pegawai menjadi tidak rapi.
- Kurang efektif diterapkan bagi pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
- Pegawai merasa nyaman dan betah bekerja di dalam ruangan.
- Pemandangan kantor terlihat segar dan hijau.
- Udara menjadi lebih segar, serta suplai oksigen semakin banyak.
- Tidak membutuhkan pencahayaan tinggi lantaran desain ini juga memakai penerangan dari alam.
- Produktivitas kerja meningkat, lantaran pekerjaan dilaksanakan dengan efisien.
- Biaya pembuatannya tinggi, lantaran selain menciptakan ruangan kantor juga menciptakan panorama, atau taman dan dekorasi lainnya.
- Biaya perawatan menjadi lebih tinggi.
- Membutuhkan tenaga hebat dalam perancangan tata ruang kantor.
- Konsentrasi berkurang saat terjadi sesuatu hal yang gila diluar ruangan.
0 komentar:
Posting Komentar