1. Dalam pelaksanaan kerja di sebuah organisasi perlu ditegaskan pihak yang berwenang memperlihatkan kiprah kepada masing-masing pegawai, hal ini bekerjasama dekat dengan prinsip penyelenggaraan manajemen yaitu...
A. Pemusatan koordinasi
B. Kekuasaan dan tanggung jawab
C. Disiplin
D. Kesatuan perintah
E. Pambagian kerja
2. Jenis pekerjaan kantor yang bekerjasama eksklusif dengan aktivitas tata hubungan baik secara internal maupun eksternal adalah...
A. Pencatatan
B. Klasifikasi
C. Komunikasi
D. Pengolahan
E. Penyimpanan
3. Jenis media komunikasi yang biasa dipakai untuk berkomunikasi antar ruangan dalam suatu organisasi supaya efektif dan efisien adalah...
A. Telepon
B. Surat
C. Radio
D. Handphone
E. Intercom
4. Saat Anda mendapatkan telepon masuk dan penelepon ingin berbicara dengan pimpinan sementara ia sedang sibuk dan tidak ingin diganggu. Apa yang harus disampaikan supaya si penelepon tidak keceewa?...
A. Bapak sedang sibuk tidak bisa diganggu!
B. Maaf bapak sedang sibuk ada pesan yang ingin disampaikan?
C. Tinggalkan pesan saja bapak sedang sibuk!
D. Lain kali saja bapak telepon lagi!
E. Maaf bapak sedang sibuk, nanti telepon lagi!
A. Hotel
B. Home
C. Heart
D. History
E. Hello
6. Dalam memperlihatkan pelayanan yang bekerjasama eksklusif dengan konsumen sanggup mengakibatkan kesan baik bagi pelanggan maka harus memperhatikan hal berikut, kecuali...
A. Mengkonsumsi masakan yang cukup mengandung gizi
B. Olahraga secara teratur
C. Asesoris yang berlebihan
D. Perawatan wajah dan kulit
E. Perawatan rambut, kaki dan tangan
7. Melakukan training dalam hal pencegahan kecelakaan, memeriksakan kesehatan baik fisik maupun mental secara berkala, memasang gambar-gambar dan Undang-Undang Keselamatan Kerja adalah...
A. Hak tenaga kerja
B. Kewajiban tenaga kerja
C. Kewajiban disnaker
D. Kewajiban pimpinan perusahaan
E. Kewajiban seluruh personil perusahaan
8. Pertolongan pertama yang harus dilakukan jikalau ada pegawai yang tersengan listrik adalah...
A. Matikan aliran listrik
B. Berteriak minta tolong
C. Berlari sebab ketakutan
D. Membantu dengan menarik korban
E. Membiarkan sebab kita juga takut
9. Jika Anda menciptakan laporan keuangan kas kecil maka aplikasi software yang paling sempurna adalah...
A. MS Acces
B. MS word
C. MS Power Point
D. MS Publisher
E. MS Excel
10. Petugas pelayanan diperlukan selalu memperhatikan keluhan pelanggan dan jangan sekali-kali mengabaikannya, cara menangani pelanggan yang mengeluh sebab pelayanan yang kurang adalah...
A. Menyampaikan solusi secara langsung
B. Menanggapi, dicatat dan disampaikan kepada pimpinan
C. Mencatat semua keluhan dengan lengkap
D. Berusaha memperlihatkan alasan yang terang sehingga pelanggan puas
E. Menghindari pelanggan yang suka mengeluh
11. Setelah menyusun daftar kebutuhan biaya barang habis pakai, maka langkah berikutnya adalah...
A. Mengadakan pembelian
B. Menyusun kebutuhan biaya
C. Menyusun planning pengadaan
D. Menentukan daerah pembelian
E. Menyiapkan daerah pembelian
12. Berikut ini yaitu langkah yang harus dilakukan dalam pengadaan kebutuhan barang...
A. Menyiapkakn daerah penyimpanan, mengadakan pembelian, menyusun daftar kebutuhan, menyusun Kebutuhan biaya, menyusun planning pengadaan
B. Mengadakan pembelian, menyusun daftar kebutuhan, menyusun kebutuhan biaya, menyusun planning Pengadaan, menyiapkan daerah penyimpanan
C. Menyusun daftar kebutuhan, menyusun planning pengadaan, menyusun kebutuhan biaya, mengadakan pembelian, menyiapkan daerah penyimpanan
D. Mengadakan pembelian, menyiapkan daerah penyimpanan, menyusun daftar kebutuhan, menyusun kebutuhan biaya, menyusun planning pengadaan
E. Menyusun daftar kebutuhan, mengadakan pembelian, menyusun kebutuhan biaya, menyusun planning pengadaan, menyiapkan daerah penyimpanan
13. Salah satu cara memelihara mesin penjilid adalah...
A. Setelah dipergunakan laci daerah sisa kertas yang dilubangi dibersihkakn
B. Bagian yang berputar diberi pelumas
C. Diletakkan di daerah yang kering
D. Kain penyaring dibersihkan dengan bensin
E. Bila tidak dipergunakan di tutup
14. Personal record mencakup catatan/dokumen mengenai kepegawaian. Tiga teladan mengenai personal record adalah...
A. Daftar riwayat hidup, DP3, riwayat pekerjaan
B. Langgan, faktur, surat pengantar barang
C. Jenis materi baku, laporan produksi, kualitas barang
D. Perabot kantor, mesin kantor, alat tulis kantor
E. Perabot kantor, DP3, SPJ
15. Dalam penulisan surat baik dinas maupun niaga harus memperhatikan pemilihan kata yang baik, tidak menyinggung perasaan orang. Hal ini termasuk kriteria surat yang...
A. Lengkap
B. Sopan
C. Jelas
D. Menarik
E. Benar
16. Tugas pencatat sebelum menyerahkan surat tersebut kepada pengarah adalah...
A. Memisahkan antara surat dinas dan pribadi
B. Mencatat surat ke dalam kartu kendali
C. Menentukan isyarat pembagian terstruktur mengenai dan indeks surat
D. Mengambil kartu kendali I sebagai ganti buku agenda
E. Menyerahkan kartu kendali 2 dan 3 serta suratnya kepada pengarah
17. Untuk memastikan surat yang dikirim kepada pihak lain diterima dengan sempurna dan tidak salah alamat maka perlu dicatat dalam buku...
A. Verbal
B. Agenda tunggal
C. Klaper
D. Ekspedisi ekstern
E. Kartu kendali
18. Fasilitas yang berisikan gosip e-mail yang tidak dipergunakan lagi, baik e-mail yang telah anda kiri atau e-mail yang pernah masuk ke dalam inbox e-mail Anda adalah...
A. Trash
B. Draft
C. Spam
D. Inbox
E. Sent
19. Seorang dokter yang membuka perjuangan prakteknya akan sangat sempurna jikalau dokter tersebut menentukan sistem penyimpanan data pasien dengan menggunakan...
A. Sistem wilayah
B. Sistem tanggal
C. Sistem nomor
D. Sistem abjad
E. Sistem pokok masalah
20. Jika kita akan menjiplak dalam jumlah banyak dengan harga yang murah, maka lebih baik menggunakan...
A. Printer
B. Photocopi
C. Mesin offset
D. Stensil
E. Risograph
21. Untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan kesehatan sistem penyimpanan yang paling sempurna dengan jenis perjuangan tersebut yaitu sistem...
A. Abjad
B. Nomor
C. Wilayah
D. Tanggal
E. Pokok masalah
22. Alat kearsipan yang berfungsi untuk menyimpan arsip yang terbuat dari kertas tebal/plastik tebal di dalamnya dilengkapi dengan penjepit dari logam untuk menyimpan surat bersifat sementara adalah...
A. Map
B. Snelhecter
C. Briefordner
D. Portepel
E. Map tanpa daun
23. Jika dalam sebuah daftar pembagian terstruktur mengenai terdapat 5 kasus utama, 10 submasalah dan 30 sub-sub kasus maka kebutuhan guide posisi satu dan dua adalah...
A. 5 guide
B. 10 guide
C. 15 guide
D. 40 guide
E. 45 guide
24. Jika dalam sebuah aktivitas wawancara, terdapat gangguan ibarat rusaknya peralatan perekam dan listrik yang padam, maka hal yang paling sempurna dilakukan adalah...
A. Mencatat hasil wawancara dengan lengkap
B. Mencari kesempatan lain
C. Tidak mencatat hasil wawancara
D. Meminjam teman lain sesudah selesai
E. Mencatat hal-hal penting
25. Jika kita akan menjiplak dokumen dalam jumlah sedikit dan hasil yang baik dan berwarna maka sebaiknya kita menggunakan...
A. Printer
B. Stensil sheet
C. Photokopi
D. Risograph
E. Cetak offset
26. Dalam menentukan gosip yang akan dipakai untuk melaksanakan perjalanan dinas, yang harus diperhatikan adalah, kecuali...
A. Bertanggungjawab
B. Berpengalaman
C. Banyak kemudahan
D. Terpercaya
E. Banyak diskon
27. Yang menjadi dasar penyusunan perjalanan dinas pimpinan adalah...
A. Jenis dan waktu kegiatan
B. Waktu dan urgensi kegiatan
C. Waktu dan jarak kegiatan
D. Kebutuhan pimpinan dan kegiatan
E. Keuangan dan kegiatan
28. Rapat yang bertujuan untuk menuntaskan suatu kasus atau kasus yang sedang dihadapi oleh suatu organisasi yaitu rapat...
A. Formal
B. Terbuka
C. Penjelasan
D. Perundingan
E. Pemecahan masalah
29. Dokumen rapat yang sanggup dijadikan sebagai sarana pengingat jalannya rapat dan hasil rapat itu sendiri disebut...
A. Risalah
B. Undangan
C. Laporan
D. Notula
E. Program kerja
30. Dokumen perjalanan yang diberikan kepada warga negara yang diberikan izin untuk meninggalkan negaranya untuk bepergian ke negara aneh disebut...
A. Visa
B. Fiscal
C. Paspor
D. Surat tugas
E. Yellow card
31. Bentuk penataan ruang rapat yang paling sempurna untuk penyelenggaraan yang jumlah pesertanya hanya jajaran direksi adalah...
A. Model kelas
B. Model T
C. Model terbuka
D. Model V
E. Model persegi panjang
32. Notula sebagai dokumen rapat harus dikirimkan kepada pihak-pihak yang terkait dengan rapat tersebut. Cara yang sanggup ditempuh dalam pendistribusian notula yang tempatnya jauh adalah, kecuali...
A. Dikirim melalui jasa pos
B. Dikirim melalui jasa paket
C. Dikirim melalui e-mail
D. Dikirim langsung
E. Dikirim melalui jasa kurir
33. Dana kas kecil yang jumlah/besarnya tetap setiap periode (imprest system) yaitu metode dana...
A. Bertambah
B. Tetap
C. Rata-rata
D. Menurun
E. Tidak tetap
34. Bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran suatu transaksi adalah...
A. Nota asli
B. Copi nota
C. Faktur asli
D. Copy faktur
E. Bukti memo
35. Bentuk penataan ruang rapat yang paling sempurna untuk penyelenggaraan yang jumlah pesertanya hanya jajaran direksi adalah...
A. Model kelas
B. Model T
C. Model terbuka
D. Model V
E. Model persegi panjang
36. Sebagai seorang sekretaris Anda diminta untuk menusun semua pengeluaran yang berkaitan dengan penggunaan dana kas kecil. Salah satu metode pencatatan dana kas kecil yaitu dengan metode dana tetap artinya...
A. Dana kas kecil naik
B. Dana kas kecil turun
C. Dana kas kecil berubah
D. Dana kas kecil bertambah
E. Dana kas kecil habis
37. Agar dokumen transaksi keuangan sanggup ditemukan dengan cepat dan sempurna maka penyimpanan dokumen tersebut memakai sistem...
A. Abjad
B. Nomor
C. Wilayah
D. Kronologis
E. Pokok masalah
38. Jika pelanggan merasa tidak puas akan pelayanan kita dan marah-marah di kantor, sebaiknya kita...
A. Layani untuk berdebat
B. Minta maaf saja sudah cukup
C. Minta maaf dan kita berikan solusi yang terbaik
D. Biarkan saja sebab pelanggan tidak teliti
E. Melayani dengan setengah hati
39. Langkah terakhir dalam pengolahan data adalah...
A. Melaporkan hasil
B. Memastikan alat ukur pengolahan data
C. Memilih metode pengolahan data
D. Menentukan variabel penelitian
E. Memastikan data yang akan diolah
40. Fungsi manajemen kepegawaian yang bekerjasama eksklusif dengan pengembangan kemampuan pegawai/tenaga kerja adalah...
A. Penilaian kecakapan pegawai
B. Seleksi calon pegawai
C. Penggolongan jabatan
D. Bagian diklat
E. Perencanaan kenaikan pangkat
0 komentar:
Posting Komentar