Selain itu, penampilan para pegawai yang rapi dan menawan sanggup memunculkan rasa hormat kepada siapapun yang tiba dan berkunjung di kantor Anda. Menurut pandangan manajemen, pegawai merupakan center point yang menjadi salah satu sentra perhatian pelanggan saat mereka menikmati layanan ataupun kemudahan suatu organisasi bisnis.
Menurut Sugiyarto (1999:18), penampilan yaitu bentuk gambaran diri yang terpancar dari diri seseorang, sekaligus merupakan sarana komunikasi antara orang yang satu dengan orang lain. Berpenampilan menarik merupakan salah satu kunci sukses dalam bekerja, terutama pekerjaan yang banyak berinteraksi dengan para pelanggan.
Dengan standar penampilan langsung yang tinggi, para pelanggan akan merasa nyaman, betah, dan bahagia bekerjasama dengan Anda. Perlu diingat bahwa Anda tidak mempunyai kesempatan kedua untuk memperlihatkan kesan pertama kepada para pelanggan.
Grooming, atau kerapian yang lebih luas, mencakup kerapian dalam dan luar. Kerapian berkaitan dengan sifat yang peduli kebersihan, tidak jorok, dan mempunyai kebiasaan rapi. Sedangkan kerapian luar merupakan tampilan yang tampak, ibarat cara berpakaian dan berdandan.
Setiap perusahaan mempunyai aliran perihal standar berpenampilan yang berbeda. Standar tersebut umumnya dibakukan dalam Standar Operating Procedures (SOP). Standar Operating Procedures adalah aliran yang berisi prosedur-prosedur.
Baca juga:
Jenis-Jenis SOP (Standart Operating Procedures)
Prinsip-Prinsip Penyusunan SOP
Semua karyawan yang telah terikat pada perusahaan wajib mengikuti hukum yang telah ditentukan. Walaupun rincian standar penampilan tiap-tiap perusahaan berbeda-beda, standar dasar yang diberlakukan pada industri pariwisata relatif hampir sama, tergantung jenis pekerjaan dan ruang lingkup operasional organisasi bisnis tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar