PETUNJUK PENGGUNAAN
SISWA
1. Siswa diminta untuk membaca jurnal ini dengan seksama
2. Siswa diminta mengisi data/informasi sesuai dengan setiap bab jurnal ini
3. Siswa melaksanakan praktek di dunia Usaha/Industri dengan tujuan mencapai semua keterampilan sub-keterampilan yang tertulis dalam jurnalnya.
4. Siswa bertanggung jawab untuk memastikan Pembimbing di daerah PRAKERIN membaca jurnal ini dan mengisi serta memperlihatkan parafnya.
GURU
1. Guru membaca jurnal ini dengan seksama
2. Guru membimbing siswa dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam jurnal ini
3. Guru mengadakan korelasi baik dengan industri terkait sesuai dengan janji sekolah dengan DU/DI
4. Guru diminta memonitor kemajuan siswa di daerah PRAKERIN dengan cara menyidik jurnal ini dan mendiskusikan dengan Pembimbing Industri dan Siswa.
PEMBIMBING DI DUNIA USAHA DIHARAPKAN
1. Bekerja sama dengan sekolah dan Guru Pembimbing dalam memilih kegiatan-kegiatan atau keterampilan-keterampilan yang sanggup dipraktekkan oleh siswa di Industri.
2. Memberikan dukungan terhadap pelaksanaan PRAKERIN dengan menyediakan kemudahan sesuai dengan kegiatan/keterampilan yang ada dalam jurnal ini.
3. Memberikan bimbingan dan training kepada siswa yang sedang mengadakan praktek.
4. Memberikan evaluasi kepada siswa yang berpraktek sesuai dengan format-format yang ada pada jurnal ini
5. Bersama pihak sekolah mengeluarkan akta pengukuhan kemampuan bagi siswa yang telah menuntaskan PRAKERIN
1. Siswa harus bersikap dan bekerja dengan kejujuran
2. Siswa harus memperhatikan aturan-aturan keselamatan kerja
3. Siswa harus mengikuti semua tata tertib yang ada di daerah PRAKERIN
4. Siswa harus sopan dan santun
5. Siswa harus bekerja sama dengan pegawai atau karyawan di daerah PRAKERIN
Siswa akan memiliki etos kerja/kemampuan sebagai berikut:
1. Kemampuan kerja
2. Motivasi
3. Inisiatif
4. Kreatifitas
5. Pekerjaan yang berkualitas
6. Disiplin waktu
7. Kerajinan
1. Data Tempat Pekerjaan
2. Diisi oleh siswa sehabis masuk daerah pekerjaan.
3. Laporan Tempat Pekerjaan
Diisi oleh Pembimbing dari Dunia Usaha/Industri sehabis praktik selesai. Komentar siswa diisi oleh siswa sehabis membaca komentar Pembimbing dari Dunia Usaha/Industri.
4. Program Pelatihan di Dunia Usaha/Industri
Kemampuan-kemampuan yang dilatihkan di Dunia Usaha/Industri sesuai dengan jurusan/program studi masing-masing.
Kolom “Waktu (Lama)” diisi sesuai dengan lamanya kemampuan/keterampilan yang dilatihkan. Misalnya: 5 Jam ; 10 jam; 2 minggu, dst.
5. Laporan Kegiatan Siswa
Tgl/Tempat : diisi oleh siswa setiap jangka waktu tertentu.
Kegiatan : diisi oleh siswa dengan aktivitas pokok yang dilakukan selama jangka waktu tertentu.
Paraf : Paraf Pembimbing dari Dunia Usaha/Industri diberikan bila sudah diyakinkan aktivitas yang bersangkutan benar-benar dilakukan dengan baik oleh siswa.
6. Keterampilan yang bertambah di Dunia Usaha/Industri
Diisi oleh siswa dan pembimbing dari Dunia Usaha/Industri dengan santunan dari Pembimbing Sekolah bila siswa telah mencapai keterampilan yang tidak masuk bab “Laporan Kegiatan Praktik Siswa”. Cara mengisi sama dengan bab tersebut.
7. Catatan
Diisi oleh siswa atau pembimbing seperlunya, mengenai hal-hal lain yang perlu dijelaskan.
0 komentar:
Posting Komentar