Mail merge merupakan salah satu kegiatan dari Microsoft Word yang berfungsi untuk menciptakan surat/dokumen atau naskah lainnya secara massal (banyak) dengan alamat/tujuan atau isi yang berbeda. Sebagai contoh, jikalau ingin mengirim surat usul kepada 100 orang teman, maka surat diketik cukup 1 lembar saja, kemudian buatlah alamat peserta usul sebanyak 100 orang dengan memakai fungsi
mail merge di word, maka dengan gampang surat akan dicetak sebayak 100 lembar dengan alamat berbeda.
Menu mail merge sanggup diakses dari sajian Mailings kemudian start mail merge. Atau lebih terang lihat gambar dibawah ini.
|
panduan mail merge 1 |
Agar lebih terang mengenai fungsi mail merge, maka kita akan menciptakan amplop surat memakai mail merge.
Contoh sebagai berikut. “Anda diminta menciptakan amplop surat kepada 5 orang sahabat sekelas anda, dengan nama dan alamat berbeda (nama, alamat dibentuk sendiri)”.
Awal mula yang harus kita lakukan adalah, mempersiapkan nama dan alamat sahabat sekelas yang akan dibentuk amplopnya, jangan lupa pula menyediakan amplopnya. Alamat yang kita gunakan kali ini hanya 5 orang saja untuk mempercepat latihan mail merge ini.
Langkah pertama yakni dengan membuka sajian mailings, kemudian pilih start mail merge, dan pilih envelopes, lebih terang lihat gambar dibawah ini.
|
panduan mail merge 2 |
Langkah selanjutnya sehabis menentukan sajian envelopes akan muncul kotak obrolan ibarat dibawah ini
|
panduan mail merge 3 |
Kalau sudah muncul kotak obrolan ibarat gambar diatas, pilihlah ukuran amplop yang akan kita buat kemudian klik OK. (amplop yang dipakai yakni amplop ukuran 10, amplop ini merupakan amplop HVS putih biasa yang banyak tersedia dipasaran).
Maka lembar kerja akan bermetamorfosis ukuran amplop sesuai dengan impian kita, ibarat gambar berikut ini.
|
panduan mail merge 4 |
Setelah lembar kerja kita sudah bermetamorfosis ukuran amplop, maka langkah selanjutnya kita akan mengisi alamat amplop yang dituju dan alamat pengirim amplop.
Maka langkah selanjutnya dengan menentukan sajian select recipients kemudian pilih type a new list, ibarat gambar dibawah ini
|
panduan mail merge 5 |
Setelah dipilih sajian type a new list maka muncul kotak obrolan ibarat dibawah ini.
|
panduan mail merge 6 |
Setelah muncul kotak obrolan ibarat gambar tadi, kemudian kita akan merapikan column yang ada semoga terlihat lebih rapi dan sesuai dengan yang kita butuhkan. Untuk mengeditnya pilih costumize columns.
Maka akan muncul kotak obrolan ibarat ini.
|
panduan mail merge 7 |
Untuk pola soal yang tadi kita akan merubah columns diatas menjadi columns nama, alamat, No. Hp.
Maka akan bermetamorfosis sebagai berikut ini.
|
panduan mail merge 8 |
Langkah selanjutnya sehabis columns kita perbaiki, maka kita tinggal mengisi data yang ada pada columns tersebut. Data yang sudah terisi akan terlihat ibarat dibawah ini.
|
panduan mail merge 9 |
Jika sudah mengisi formulir ibarat diatas selanjutnya pilih ok maka akan diminta lokasi penyimpanan data yang sudah kita buat tadi. Pilih lokasi yang gampang diingat, kemudian ok. Maka data mail merge kita sudah tersedia.
Langkah selanjutnya yakni menempatkan data tersebut pada amplop yang sudah kita buat sebelumnya.
Perhatikan gambar dibawah ini.
|
panduan mail merge 10 |
Pada gambar diatas terlihatlah untuk memakai data yang sudah kita simpan tadi memakai sajian insert merge field.
Caranya pilih column yang akan dimasukkan kemudian di klik, maka secara otomatis akan muncul goresan pena ibarat yang tertera pada gambar diatas.
Hal yang sama juga dilakukan untuk column-column yang lain. Yang perlu diingat yakni semoga meletakkan column-column tersebut sesuai pada tempatnya.
Untuk melihat hasil alhasil sajian yang dipilih yakni preview result. Jika sudah ibarat gambar dibawah maka selesailah pembuatan mail merge.
|
panduan mail merge 11 |
Langkah terakhir yakni dengan mencetak mail merge tersebut pada sajian dibawah ini
|
panduan mail merge 12 |
Maka secara otomatis akan tercetak 5 amplop dengan nama, alamat dan nomor Hp yang berbeda. Jika ingin menciptakan surat atau dokumen yang lain, maka cara yang sama sanggup dilakukan, yang sedikit berbeda jikalau ingin menciptakan surat/dokumen lain yang ingin dimailmerge kan, maka pilihlah sajian Start mail merge lalu pilih Letters.
0 komentar:
Posting Komentar