PDF merupakan akronim dari Portable Document Format, adalah sebuah format berkas yang dibentuk oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan pertukaran dokumen digital. Format PDF dipakai untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang mencakup teks, huruf, gambaran dan grafik vektor dua dimensi.
Untuk menciptakan file pdf kita sanggup memakai aneka macam aplikasi baik gratis maupun berbayar yang tersedia internet. Namun dengan memakai MS. Office 2013 baik Word, Excel, Powerpoint. Kita sanggup dengan gampang mengubah dokumen menjadi bentuk pdf.
Berikut ini cara gampang menciptakan file pdf dengan MS. Word 2013
- Pertama sekali buka MS. Word 2013 (atau word 2010)
- Kemudian ketik dokumen yang akan dirubah menjadi pdf (atau buka file yang sudah ada dan ingin dirubah menjadi file pdf).
- Lalu pilih sajian file
- Kemudian pilih export
- Selanjutnya pilih create PDF/XPS
- Langkah terakhir pilih Publish
Ms. Word 2013 |
Ms. Word 2013 |
Dengan satu langkah kita sanggup dengan gampang merubah dokumen word menjadi dokumen pdf. Biasanya penggunaan file pdf diperuntukkan jika mengirim dokumen kepada pihak lain dan tidak ingin dokumen tersebut diubah oleh orang lain.
Cara merubah file excel ataupun powertpoint menjadi ekstensi pdf juga sanggup dilakukan dengan cara yang sama. Anda tinggal membuka file excel atau powerpoint (pastikan membuka dengan Office 2010/2013), kemudian ikuti cara diatas, maka dengan gampang file tersebut akan menjadi portabel dokumen format (pdf).
Artikel selanjutnya Cara Praktis Menyimpan Halaman Web
0 komentar:
Posting Komentar