Rumah murah Pondok Dukuh Indah 5

Kabar Gembira Buat kamu yang ga sengaja kunjungi Blog ini !!!

jarang-jarang kamu bisa nemuin Harga SOUVENIR se Murahini..

karena ini kami buat sengaja buat kamu yang ga sengaja berkunjung ke Blog kami dengan ulasan kami selain dari ulasan souvenir

Nah buat kamu yang tertarik dengan Harga-harga souvenir kami, bisa langsung hubungi whatsapp kami di 081296650889 atau 081382658900

caranya screenshoot atau sertakan link url souvenir yang kamu minati pada blog ini, kirimkan kepada kami di nomer yang sudah tertera dia atas

tanpa screenshoot atau link blog kami, kemungkinan kami akan memberikan harga jual yang ada pada toko kami yang cenderung lebih tinggi tentunya

Minggu, 17 Februari 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                  :  SMK NUR AZIZI TANJUNG MORAWA
Program Keahlian           :  Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian      :  Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Mata Pelajaran                :  Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Materi Pokok                   :  Membuat Desain Prototipe
Kelas/ Semester                :  XI / I ( Satu )
Tahun Pelajaran              :  2018 / 2019  
Alokasi waktu                  :  3 Pertemuan  ( 7 JP x 45 Menit ) 

A.     Kompetensi Inti

KI-1                           : 
Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya.
KI-2                           :
Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung - jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, proteksi nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3                           : 
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi ihwal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional..
KI-4                           :     
Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menyebabkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung.




B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4  Menganalisis konsep  desain/ prototype  dan kemasan produk barang/jasa


3.4.1        Menjelaskan   konsep , tujuan  desain/contoh  dan kemasan produk barang/jasa
3.4.2         Menganalisis konsep  desain/contoh  dan kemasan produk barang/jasa
3.4.3        Menerapkan jenis dan bentuk desain serta kemasan produk
4.4  Membuat desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa
4.4.1        Memilih desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa
4.4.2         Membuat desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa
4.4.3         Mempersentasikan hasil desain dan kemasan produk barang/jasa


C.    Tujuan Pembelajaran
1)      Melalui diskusi kelompok peserta didik sanggup menjelaskan konsep desain produk dengan benar
2)      Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menentukan konsep desain produk barang/ jasa dengan tepat
3)      Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menganalisis konsep  desain/contoh  dan kemasan produk barang/jasa dengan tepat
4)      Melalui diskusi kelompok peserta didik dapat menerapkan jenis dan bentuk desain serta kemasan produk dengan tepat
5)      Setelah berdiskusi dan menggali informasi akseptor didik sanggup memilih desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa dengan teliti
6)      Dengan disediakan banyak sekali dokumen pendukung akseptor didik sanggup membuat desain produk sesuai dengan rancangan dengan kreatif dan inovatif
7)      Dengan disediakan banyak sekali dokumen pendukung akseptor didik sanggup mempersentasikan hasil desain dan kemasan produk barang/jasa dengan kreatif dan inovatif


Nilai sikap huruf :
§  Kerjasama
§  Tanggung jawab
§  Percaya diri
§  Disiplin
§  Rasa ingin tahu

D.    Materi Pembelajaran
1.         Materi Pembelajaran Reguler
Faktual :
·      Tayangan video tentang konsep desain produk
·      Tayangan video tahapan dalam desain produk
·      Tayangan video tentang konsep kemasan produk
·      Tayangan video tentang tahapan dalam  desain kemasan produk

Konseptual :
·      Menjelaskan definsi desain
·      Menjelaskan defenisi prototive.

Prosedural :
·         Menguraikan langkah-langkah menciptakan desain/prototipe
·         Membuat desain/type protoproduk barang/ jasa.


Metakonigtif :
·         Mempresentasikan hasil desain produk barang dan jasa
·         Mempresentasikan hasil desain kemasan produk barang dan jasa


2.         Materi Pembelajaran Pengayaan
·         kemasan produk barang/jasa
3.      Materi Pembelajaran Remedial
·      .

E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
  1. Pendekatan     :  Saintifik
  2. Metode            :  Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, dan Penugasan
  3. Model              :  Projek based learning

F.     Alat, Media dan Bahan Pembelajaran

1.    Alat
a.       Laptop                               :  1 Unit
b.      LCD Proyektor                 :  1 unit

2.    Media
a.       Video Pembelajaran          :  Video konsep desain produk

b.      Slide Powerpoint              :  Konsep desain

3.    Bahan
a.       Buku tulis
b.      Pulpen
c.       Buku gambar
d.      Penggaris
e.       Kranyon
f.       Berbagai pola produk
g.      Berbagai pola kemasan

           
G.    Sumber Belajar
Buku Siswa           :  Berutu, Ana, Maryani. 2015. Kearsipan. Jakarta Timur : Yudhistira
Buku Referensi      :  Endang, Sri dkk. 2014. Mengelola Sistem Kearsipan.Jakarta :
                                  Erlangga
Modul Kearsipan   :  Modul Produku Kreatif dan Kewirausahan
Situs Internet         :m






H.      Langkah - langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama  : 7 JP


Tahap Pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.      Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.      Memeriksa kebersihan lingkungan kelas
3.      Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
4.      Melakukan apersepsi berkaitan dengan produk kreatif dan kewirausahaan
5.      Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


15 menit

Kegiatan Inti
Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question)
1)   Guru menampilkan tayangan konsep produk
2)   Siswa mengamati dan memahami tayangan video ( dengan rasa ingin tahu ).
3)   Siswa diminta mencari pandangan gres dasar dalam pembuatan desain prototipe produk/jasa dengan kreatif
4)   Siswa diminta mencari pandangan gres dasar dalam pembuatan desain kemasan produk/jasa dengan kreatif
5)   Guru membimbing siswa menemukan pandangan gres dan merancang pandangan gres tersebut.
6)   Siswa berkelompok dalam pencarian pandangan gres dari pembuatan prototipe barang/jasa dengan kerjasama
7)   Setelah siswa mendapkan ide, siswa menampilkan di depan kelas dengan penuh percaya diri
8)   Kelompok lain memperlihatkan tanggapan atas pandangan gres kelompok yang maju dengan rasa  persaudaraan

Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)
1)      Siswa secara berkelompok mendiskusikan dan mengidentifikasikan hal – hal yang dicermati ihwal prototipe desain  produk( kerjasama ).
2)      Siswa secara berkelompok mendiskusikan dan mengidentifikasikan hal – hal yang dicermati ihwal desain kemasan  produk( kerjasama ).
3)      Guru meminta siswa menggali informasi tentang produk apa yang mereka akan di buat melalui banyak sekali sumber belajar.
4)      Siswa membaca buku teks atu materi yang ada pelajaran dan mencari beberapa artikel ihwal prototipe produk melalui handphone smartphone yang mereka miliki ( tanggung jawab ).
5)      Siswa di minta mempresentasekan hasil desain perecanaan proyek di depan kelas
6)      Siswa meminta tanggapan dari guru dan siswa lainnya atas pekerjaan kelompoknya (komunikatif)

Menyusun Jadwal (Create a Schedule)
1)      Guru bersama siwa menyusun agenda pekejaan yang akan di lakukan siswa
2)      Siswa menganalisa agenda yang dibentuk oleh guru dan siswa oleh guru dengan cermat

 275 menit

Kegiatan Penutup

1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama
2.      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan.
3.      Guru melaksanakan refleksi pelajaran
4.      Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya.
5.      Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan.
6.      Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
7.      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran     ( Religius ).

25 menit


Pertemuan kedua  : ( 7 JP)


Tahap Pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.      Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.      Memeriksa kebersihan lingkungan kelas
3.      Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
4.      Melakukan apersepsi berkaitan dengan materi tahapan dalam desain produk
5.      Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


15 menit

Kegiatan Inti
Memonitor akseptor didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)
1)      Guru memonitor siswa dan kemajuan proyek
2)      Siswa menjalankan banyak sekali tahapan sesuai proyek dengan disiplin
3)      Guru mengecek permasalahan siswa dalam pengerjaan proyek
4)      Siswa bertanya tahap-tahap kegiatan yang belum dikuasai siswa dengan cermat


275 menit

Kegiatan Penutup

1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama
2.      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan.
3.      Guru melaksanakan refleksi pelajaran
4.      Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya.
5.      Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan.
6.      Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
7.      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran                  ( Religius ).

25 menit


Pertemuan Ketiga  : 7 JP


Tahap Pembelajaran

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.      Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
2.      Memeriksa kebersihan lingkungan kelas
3.      Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
4.      Melakukan apersepsi berkaitan dengan produk kreatif dan kewirausahaan
5.      Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan
6.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.


15 menit

Kegiatan Inti
Menguji Hasil (Assess the Outcome)
1)      Siswa dari  hasil desain produk dan kemasan produk  siswa mempersentasekannya dengan anggota kelompoknya di depan kelas ( Percaya diri ).
2)      Siswa lain memperlihatkan tanggapan dan bandingan terhadap presentasi kelompok mengenai prototipe produk dan kemasan produk yang telah dipaparkan.
3)      Siswa mendapatkan tanggapan dari siswa lain dan guru
4)      Jika desain prototipe tidak layak , siswa diberikan waktu untuk memperbaikanya
5)      Setelah desain  prototipe diperbaiki siswa menguji lagi produk prototipe untuk kedua kali
6)      Siswa menyimpulkan materi prototipe produk


Refleksi terhadap aktivitas  (Evaluate the Experience)
1)      Siswa melaksanakan refleksi hasil desain prototipe dan kemasan produk ( Percaya diri ).
2)      Siswa mempersentasekan hasil desain prototipe dan kemasan produk di depan kelas
3)      Siswa di minta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menuntaskan proyek di depan kekan (Percaya diri ).
4)      Siswa mendapatkan tanggapan dari siswa lain dan guru


257 menit

Kegiatan Penutup

1.      Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama
2.      Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan.
3.      Guru melaksanakan refleksi pelajaran
4.      Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya.
5.      Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan.
6.      Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
7.      Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran                  ( Religius ).

25 menit


I.       Instrumen Penilaian

1.    Teknik Penilaian  :  
a.       Pengetahuan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Lisan
Pertanyaan langsung

Saat pembelajaran berlangsung

2.
Tertulis
Essay Test
Lihat Lampiran 2


Setelah pembelajaran usai


b.      Keterampilan
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1.
Praktik
Kinerja
Lihat Lampiran  2
Saat pembelajaran berlangsung dan/atau sesudah usai


2.    Bentuk  :
·         Observasi             :  Lembar pengamatan acara akseptor didik
·         Test tertulis          :  Essay Test (Terlampir)
·         Praktek                 :  Penugasan (Terlampir)


3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.       Pembelajaran Remedial
Kegiatan pembelajaran remedial diperuntukkan bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM sesuai hasil analisis penilaian yang dilaksanakan dalam bentuk  :
Pembelajaran ulang
·         Bimbingan perorangan
·         Belajar kelompok
·         Pemanfaatan tutor sebaya

b.      Pembelajaran Pengayaan

·         Bagi siswa yang nilainya mencapai batas KKM, diberikan materi pelajaran masih dalam cakupan KD dengan pendalaman dan pengembangan materi lebih luas sebagai pengetahuan tambahan.
·         Bagi siswa yang mencapai nilai maksimum atau melebihi KKM, diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.



Disahkan Oleh :
Kepala Sekolah,
Diperiksa Oleh :
Waka Kurikulum,
Medan, .............2018
Guru Mata Pelajaran,




…………………………….
NIP.




…………………………….
NIP.




Anugerah Dino Bhavati
NIP.








0 komentar:

Posting Komentar