KI-1 : | Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya. |
KI-2 : | Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung - jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, proteksi nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta memperlihatkan sikap sebagai bab dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
KI-3 : | Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi ihwal pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bab dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.. |
KI-4 : | Melaksanakan kiprah spesifik dengan memakai alat, informasi, dan mekanisme kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan duduk kasus sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menyebabkan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta bisa melaksanakan kiprah spesifik di bawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi |
3.4 Menganalisis konsep desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa | 3.4.1 Menjelaskan konsep , tujuan desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa 3.4.2 Menganalisis konsep desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa 3.4.3 Menerapkan jenis dan bentuk desain serta kemasan produk |
4.4 Membuat desain/ prototype dan kemasan produk barang/jasa | 4.4.1 Memilih desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa 4.4.2 Membuat desain/contoh dan kemasan produk barang/jasa 4.4.3 Mempersentasikan hasil desain dan kemasan produk barang/jasa |
- Pendekatan : Saintifik
- Metode : Diskusi, Tanya Jawab, Ceramah, dan Penugasan
- Model : Projek based learning
Tahap Pembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kebersihan lingkungan kelas 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin 4. Melakukan apersepsi berkaitan dengan produk kreatif dan kewirausahaan 5. Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan 6. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 15 menit |
Kegiatan Inti | Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question) 1) Guru menampilkan tayangan konsep produk 2) Siswa mengamati dan memahami tayangan video ( dengan rasa ingin tahu ). 3) Siswa diminta mencari pandangan gres dasar dalam pembuatan desain prototipe produk/jasa dengan kreatif 4) Siswa diminta mencari pandangan gres dasar dalam pembuatan desain kemasan produk/jasa dengan kreatif 5) Guru membimbing siswa menemukan pandangan gres dan merancang pandangan gres tersebut. 6) Siswa berkelompok dalam pencarian pandangan gres dari pembuatan prototipe barang/jasa dengan kerjasama 7) Setelah siswa mendapkan ide, siswa menampilkan di depan kelas dengan penuh percaya diri 8) Kelompok lain memperlihatkan tanggapan atas pandangan gres kelompok yang maju dengan rasa persaudaraan Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project) 1) Siswa secara berkelompok mendiskusikan dan mengidentifikasikan hal – hal yang dicermati ihwal prototipe desain produk( kerjasama ). 2) Siswa secara berkelompok mendiskusikan dan mengidentifikasikan hal – hal yang dicermati ihwal desain kemasan produk( kerjasama ). 3) Guru meminta siswa menggali informasi tentang produk apa yang mereka akan di buat melalui banyak sekali sumber belajar. 4) Siswa membaca buku teks atu materi yang ada pelajaran dan mencari beberapa artikel ihwal prototipe produk melalui handphone smartphone yang mereka miliki ( tanggung jawab ). 5) Siswa di minta mempresentasekan hasil desain perecanaan proyek di depan kelas 6) Siswa meminta tanggapan dari guru dan siswa lainnya atas pekerjaan kelompoknya (komunikatif) Menyusun Jadwal (Create a Schedule) 1) Guru bersama siwa menyusun agenda pekejaan yang akan di lakukan siswa 2) Siswa menganalisa agenda yang dibentuk oleh guru dan siswa oleh guru dengan cermat | 275 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama 2. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan. 3. Guru melaksanakan refleksi pelajaran 4. Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya. 5. Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan. 6. Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 7. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran ( Religius ). | 25 menit |
Tahap Pembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kebersihan lingkungan kelas 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin 4. Melakukan apersepsi berkaitan dengan materi tahapan dalam desain produk 5. Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan 6. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 15 menit |
Kegiatan Inti | Memonitor akseptor didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project) 1) Guru memonitor siswa dan kemajuan proyek 2) Siswa menjalankan banyak sekali tahapan sesuai proyek dengan disiplin 3) Guru mengecek permasalahan siswa dalam pengerjaan proyek 4) Siswa bertanya tahap-tahap kegiatan yang belum dikuasai siswa dengan cermat | 275 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama 2. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan. 3. Guru melaksanakan refleksi pelajaran 4. Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya. 5. Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan. 6. Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 7. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran ( Religius ). | 25 menit |
Tahap Pembelajaran | Deskripsi Kegiatan | Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan | 1. Melakukan pembukaan dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran 2. Memeriksa kebersihan lingkungan kelas 3. Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin 4. Melakukan apersepsi berkaitan dengan produk kreatif dan kewirausahaan 5. Memberikan motivasi mencar ilmu produk kreatif dan kewirausahaan 6. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 15 menit |
Kegiatan Inti | Menguji Hasil (Assess the Outcome) 1) Siswa dari hasil desain produk dan kemasan produk siswa mempersentasekannya dengan anggota kelompoknya di depan kelas ( Percaya diri ). 2) Siswa lain memperlihatkan tanggapan dan bandingan terhadap presentasi kelompok mengenai prototipe produk dan kemasan produk yang telah dipaparkan. 3) Siswa mendapatkan tanggapan dari siswa lain dan guru 4) Jika desain prototipe tidak layak , siswa diberikan waktu untuk memperbaikanya 5) Setelah desain prototipe diperbaiki siswa menguji lagi produk prototipe untuk kedua kali 6) Siswa menyimpulkan materi prototipe produk Refleksi terhadap aktivitas (Evaluate the Experience) 1) Siswa melaksanakan refleksi hasil desain prototipe dan kemasan produk ( Percaya diri ). 2) Siswa mempersentasekan hasil desain prototipe dan kemasan produk di depan kelas 3) Siswa di minta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menuntaskan proyek di depan kekan (Percaya diri ). 4) Siswa mendapatkan tanggapan dari siswa lain dan guru | 257 menit |
Kegiatan Penutup | 1. Guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah dibahas bersama 2. Guru melaksanakan penilaian pengetahuan melalui tes lisan. 3. Guru melaksanakan refleksi pelajaran 4. Guru menugaskan siswa membaca materi untuk pertemuan selanjutnya. 5. Siswa melaksanakan pencucian peralatan, media dan ruangan. 6. Guru menyampaikan planning pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 7. Guru mengarahkan siswa untuk berdo’a sebelum jawaban pembelajaran ( Religius ). | 25 menit |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Lisan | Pertanyaan langsung | Saat pembelajaran berlangsung | ||
2. | Tertulis | Essay Test | Lihat Lampiran 2 | Setelah pembelajaran usai |
No. | Teknik | Bentuk Instrumen | Butir Instrumen | Waktu Pelaksanaan | Keterangan |
1. | Praktik | Kinerja | Lihat Lampiran 2 | Saat pembelajaran berlangsung dan/atau sesudah usai |
Disahkan Oleh : Kepala Sekolah, | Diperiksa Oleh : Waka Kurikulum, | Medan, .............2018 Guru Mata Pelajaran, |
NIP. | ……………………………. NIP. | Anugerah Dino Bhavati NIP. |
0 komentar:
Posting Komentar